4 Langkah Membuat Pembukuan untuk Warungmu

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembukuan di setiap lini bisnis merupakan hal yang sangat krusial. Apalagi dengan IMOs yang mempunyai bisnis warung kelontong, merupakan suatu kewajiban untuk memiliki pembukuan.

Ada banyak sekali manfaat membuat pembukuan warung, seperti untuk mengetahu berapa keuntungan dan kerugian, aset dan stok barang yang tersisa dan masih banyak. Dengan banyaknya manfaat yang bisa kamu dapetin dengan membuat pembukuan, berikut ini ada beberapa cara untuk membuat pembukuan buat kamu yang belum tau caranya. Yuk coba cek caranya di bawah ini!

 

Buat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan

Hal pertama yang kamu butuhkan untuk membuat pembukuan adalah dengan membuat catatan pengeluaran. Apa saja tipe pengeluaran yang dimaksud? Kamu perlu mencatat pengeluaran untuk modal, operasional dan gaji karyawan.

Pastikan untuk selalu mencatat semua pengeluaran yang kamu lakukan ya IMOs. Dengan melihat catatan pengeluaran ini, kamu jadi punya catatan berapa jumlah modal yang dikeluarkan untuk semua kebutuhan warung kelontongmu.

Selain itu, hal kedua perlu kamu lakukan adalah jangan lupa untuk membuat catatan pemasukan untuk semua penjualan yang terjadi di warungmu. Dengan adanya catatan pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa menyusun laporan keuangan bulanan. Laporan ini bisa menunjukkan berapa kuntungan atau kerugian yang kamu dapatkan dalam satu periode tertentu.

 

Buat Catatan Laba Rugi

 

Catatan laba rugi langkah selanjutnya. Dengan memiliki catatan ini kamu harus mencatan semua pendapatan dan beban operasional warungmu. Dari buku ini, kamu bisa mengetahui apakah kamu mempunyai keuntungan atau kerugian.

 

Buat Catatan Stok Barang

Selanjutnya, hal terpenting untuk membuat pembukuan warung adalah mencatat stok barang di warungmu. Pastikan untuk mencatat setiap stok barang yang masuk dan keluar tanpa ada pengecualian. Dengan adanya catatan ini, kamu bisa meminimalisir peluang untuk kehilangan stok barang di warungmu.

 

Buat Catatan Invetaris Barang

 

Hal terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah mencatat inventaris barang yang diisi dengan semua barang yang kamu miliki di warungmu. Lewat buku ini kamu bisa dengan mudah untuk mengawasi barang-barang di warungmu sehingga mengurangi resiko kehilangan barang-barang tersebut.

 

Nah, itu dia cara membuat pembukuan di warungmu IMOs. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa langsung diaplikasikan di warungmu ya. Selamat mencoba!