6 Cara Persuasif Agar Pembeli Belanja Produkmu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meyakinkan pembeli agar mau membeli produk kamu, pastinya bukanlah sesuatu hal yang mudah. Dibutuhkan suatu usaha agar produk kamu menarik bagi para pembeli. Kamu bisa melakukan cara persuasif atau meyakinkan pembeli membeli produkmu. Cara persuasif ini tentu diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. Yuk pelajar cara persuasif ini agar pembeli belanja produkmu!

Informasikan Secara Singkat

Jelaskan secara singkat deskripsi produkmu. Kamu bisa jelaskan apa produk kamu, keunggulan produk kamu, dan solusi yang bisa diberikan dari produk ini. Jelaskan poin-poin penting yang perlu kamu jelaskan kepada pembeli. Jelaskan dengan bahasa yang ringan dan mudah untuk dimengerti.

Lakukan Pengulangan Inti Pesan

Dalam percakapan kamu dengan pembeli, kamu boleh lakukan beberapa kali pengulangan inti pesan yang ingin kamu sampaikan. Tapi perlu diingat bahwa jangan terlalu sering dan terkesan memaksa dalam melakukan pengulangan inti pesan. Misal, kamu ingin menjelaskan bahwa produk kamu dapat mengurangi waktu memasak. Ceritakanlah bahwa produk kamu akan membuat waktu memasak lebih efektif dan efisien, kamu boleh cari kalimat-kalimat berbeda dengan pesan yang sama.

Pendekatan Secara Personal

Saat melakukan proses penjualan pada pembeli, lakukanlah pendekatan secara personal. Dengan melakukan pendekatan personal, pembeli akan merasa diperhatikan dan diistimewakan. Di awal percakapan kamu boleh tanyakan nama calon pembeli, misal “halo, dengan bapak/ibu siapa?”. Dan ketika kamu melakukan penawaran, baiknya kamu sebutkan nama calon pembeli agar lebih personal.

Sesuaikan dengan Latar Belakang Pembeli

Ketika melihat calon pembeli, kamu boleh sedikit mencari tahu latar belakang pembeli. Tujuannya, agar kamu bisa menyesuaikan cara kamu melakukan pendekatan. Kamu bisa tanyakan pekerjaan, tempat tinggal dan produk yang diminati. Jika, calon pembeli merupakan anak muda yang baru mulai bekerja, kamu bisa sesuaikan gaya Bahasa kamu dengan santai namun tetap sopan. Tetap tanyakan hal dasar namun tidak terlalu personal.

Berikan Manfaat Tambahan pada Pembeli

Ketika calon pembeli sudah tertarik dengan produk yang kamu jual, kamu bisa berikan manfaat tambahan untuk pembeli. Kamu bisa memberikan edukasi mengenai produk yang kamu jual, atau tips dan juga trik penggunaan produk kamu. Atau, kamu bisa berikan after services dengan memperbolehkan pembeli menanyakan mengenai produk yang kamu beli, setelah terjadi pembelian.

Berikan Apresiasi

Berikan apresiasi terhadap pelanggan secara sederhana, kamu bisa ucapkan terima kasih, dan harapan kamu agar pembeli datang kembali. Kamu bisa berikan apresiasi seperti diskon spesial kepada pembeli ketika ia mengajak rekan untuk membeli produkmu. Atau kamu juga bisa berikan apresiasi dengan mengunggah foto pembeli produkmu dengan caption yang menarik, tentu dengan meminta izin terlebih dahulu.

Itu dia beberapa cara persuasif yang bisa kamu coba agar pembeli tertarik produk mu ya, IMOs!