7 Manfaat Bersepeda, Olahraga yang Tren di Masa Kini

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu olahraga yang juga sering dijadikan sebagai aktivitas rekreasi adalah bersepeda. Saat ini, olahraga bersepeda sangat digandrungi oleh berbagai kalangan. Bahkan harga sepeda dari ratusan ribu hingga ratusan juta pun banyak dicari oleh masyarakat. Ternyata, olahraga bersepeda secara rutin memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat bersepeda untuk kesehatan? Yuk simak manfaat bersepeda di bawah ini!

Menjaga Berat Badan

Melakukan olahraga bersepeda tentu akan membakar kalori, apalagi jika dilakukan secara rutin. Bersepeda dapat membakar kalori hingga 200-1000 kalori. Namun, hal ini tergantung pada intensitas, jarak tempuh, dan berapa lama waktu bersepeda. Bersepeda sendiri dapat meningkatkan metabolisme juga membakar lemak. Sehingga cukup efektif untuk membakar kalori.

Menjaga Stamina

Kalau kamu merasa sering lemas dan bertenaga, itu merupakan salah satu tanda bahwa stamina kamu menurun. Salah satu hal penting dalam menjaga stamina adalah dengan berolahraga dan menjaga asupan makanan. Kalau kamu tidak suka untuk berolahraga, cobalah untuk berolahraga dari olahraga yang menyenangkan. Kamu bisa coba dengan bersepeda ringan mengelilingi lingkungan rumah.

Mengurangi Insomnia

Kualitas hidup seseorang sangat bergantung pada kualitas tidurnya. Insomnia sendiri dipicu oleh aktifnya hormon kortisol sehingga terus terjaga sepanjang malam. Kamu bisa mengatasi insomnia dengan rutin berolahraga. Mulailah bersepeda 20-30 menit setiap harinya. Kamu bisa jadwalkan sedikit waktu untuk bersepeda di pagi atau di siang hari, cara ini cukup efektif untuk membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Bersepeda ternyata dapat meningkatkan kekuatan otak dan mengurangi resiko Alzheimer pada lansia. Namun ternyata, bersepeda tidak hanya dapat meningkatkan kekuatan otak pada lansia, namun pada semua kalangan bahkan anak-anak. Karena dengan bersepeda dapat memperlancar aliran darah menuju otak sehingga mengurangi resiko dimensia. Cobalah untuk bersepeda 15-60 menit setiap harinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Bersepeda selama kurang lebih 20 menit per hari dapat meningkatkan fungski kardiovaskular. Dengan bersepeda, jantung dapat meningkatkan detak jantung menjadi lebih cepat. Dengan bersepeda dapat memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak darah. Bersepeda secara rutin dapat dapat meningkatkan dan merangsang jantung, paru-paru serta sirkulasi paru-paru.

Dapat Mengurangi Resiko Kanker

Kunci dari menjaga hidup agar terus sehat adalah menjaga pola makan dan berolahraga. Tubuh yang aktif dan sering berolahraga dapat mengurangi efek samping pada obat kanker, kelelahan dan meningkatkan kualitas hidup.

Mengurangi Stress

Merasa sumpek dan mulai tidak produktif? Mungkin kamu sedang mengalami stress. Untuk mengurangi stress biasanya kita perlu melakukan hal yang dapat menghilangkan stress seperti berlibur atau berbelanja. Tapi, ada satu kegiatan yang tidak mengeluarkan banyak biaya namun dapat mengurangi stress dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan bersepeda kamu bisa melihat suasana  pemandangan, dan menghirup udara segar di pagi hari. Denan bersepeda, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang memunculkan rasa senang dan suasa hati menjadi bahagia.

Ternyata bersepeda bukan hanya sekedar mengikuti tren saja loh IMOs, bersepeda juga bisa membawa banyak manfaat untuk tubuh. Yuk coba sisihkan waktu untuk berolahraga atau bersepeda.

Sumber: ruparupa.com