Kasus Covid Meningkat, Inilah Tips Penting Isolasi Mandiri di Rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

Kasus Covid-19 di Indonesia per Februari 2021, kian meningkat bahkan sampai menembus angkat 1 juta. Rumah sakit dan tempat karantina lainnya sudah semakin mendekati batas maksimum sehingga tidak bisa menampung pasien lagi. Pasien tidak bergejala atau biasa disebut dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) disarankan untuk melakukan isolasi mandiri oleh dokter dengan tetap dibawah pantauan dokter. Oleh karena ini, untuk kamu yang terpaksa harus isolasi mandiri di rumah, ini dia beberapa tips penting untuk isolasi mandiri di rumah.

Tetap Berada di Rumah

Tetap tinggal di dalam rumah, dan jangan berpergian untuk bekerja, bersenang-senang dan juga ke ruang public. Keluar rumah hanya saat keadaan darurat untuk meminta pertolongan medis. Hanya diperbolehkan untuk keluar rumah ketika sudah terbebas dari virus dan hanya pada keadaan penting saja.

Rutin Konsultasi Secara Online

Satu hal yang paling penting ketika sedang isolasi mandiri adalah rutin untuk melakukan konsultasi secara online dengan dokter. Update keadaan anda secara berkala dengan dokter. Informasikan kondisi dan gejala anda secara rutin, dan tanyakan kebutuhan medis anda pada dokter.

Gunakan Masker, Ganti Secara Berkala

Gunakan masker ketika terpaksa harus berada dengan anggota keluarga lain atau hewan peliharaan. Jika di dalam ruangan hanya sendiri, tidak diwajibkan untuk menggunakan masker. Namun, jika andaa berada di ruangan yang tidak terlalu jauh dengan anggota keluarga lainnya, ganti masker secara berkala minimal 4 jam sekali. Jika memiliki penyakit pernafasan dan sulit bernafas, tidak disarankan untuk menggunakan masker secara terus menerus. Namun, atur jarak ketika hendak batuk dan bersin.

Konsumsi Obat dan Supplemen

Saat ini memang belum ada obat atau supplemen yang dapat mengatasi virus ini. Namun, penting untuk teratur mengkonsumsi obat dan supplemen yang telah diresepkan oleh dokter, sesuai dengan kondisi anda. Jangan lupa untuk terus terhidrasi dengan minum air putih minimal 2 liter per hari.

Pisahkan Diri Anda dan Keluarga Lainnya

Pisahkan diri anda dan anggota keluarga lainnya. Pilih ruangan yang jauh dijangkau oleh anggota keluarga lainnya dan hewan peliharaan. Jika memungkinkan, pisahkan kamar mandi anda dengan anggota keluarga lainnya. Pisahkan juga alat makan yang anda gunakan dengan anggota keluarga lainnya.

Rajinlah Mencuci Tangan

Hal penting lainnya dalam melakukan isolasi mandiri adalah rajin mencuci tangan. Cucilah tangan anda selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Jika memungkinkan, gunakan pembersih tangan yang mengandung alakohol atau antiseptic.

 

Itu dia beberapa tips isolasi mandiri yang bisa kamu lakukan di rumah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya IMOs!