Potensi Bisnis E-commerce di Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

Penerapan teknologi di Indonesia beberapa tahun belakangan ini sangat signifikan. Salah satu bisnis yang berkembang dengan penerapan teknologi di Indonesia adalah bisnis e-commerce. Menurut Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung S., dalam empat tahun terakhir pertumbuhan e-commerce mencapai 500 persen. Para ahli juga memprediksikan bahwa bisnis e-commerce di tahun 2021 akan berkembang pesat. Hal ini dapat menjadi salah satu potensi untuk para penggiat bisnis. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa potensi bisnis e-commerce  di Indonesia.

Pengguna Internet

Di tahun 2020, penggunaan internet di Indonesia sudah semakin meluas hingga ke beberapa pelosok. Ditambah lagi, dengan kondisi pandemi di tahun 2020 ini, hampir seluruh kegiatan terpaksa dijalankan secara online. Hal ini sangat mendongkrak penggunaan internet di Indonesia. Masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sebanyak 4 hingga 5 jam untuk mengakses internet, dan sebagian besar dilakukan melalui mobile atau smartphone. Hampir 75% pengguna internet menggunakan smartphone untuk mengakses e-commerce.

Pengguna E-Commerce di Indonesia

Pembelanjaan secara online  saat ini bukan lagi hanya menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat, namun sudah menjadi hal yang utama. Pembelian melalui e-commerce  di tahun ini meningkat hingga 18,3%. Dan diprediksikan jumlah pengguna e-commerce akan terus bertambah setiap tahunnya. Akan ada 42 juta pengguna e-commerce di tahun 2021, dan hampi 44 juta pengguna pada tahun 2022 dengan prediksi setiap pengguna akan menghabiskan 5 juta rupiah.

Produk yang Beragam

Dengan hadirnya e-commerce transaksi produk tidak lagi  mengenal batas waktu dan jarak. Barang apapun di e-commerce akan selalu ada peminatnya. Namun, barang yang selalu menjadi incaran teratas adalah produk pakaian. Di tahun 2020 ini pun, produk pakaian semakin luas kategorinya menjadi piyama, daster hingga baju set yang dapat digunakan dalam beberapa model. Dan di tahun 2020 ini, produk yang dijual semakin beragam. Dari mulai tanaman, sepeda, hingga jasa pembelian langganan menonton film pun tersedia.

Berkembangnya Beragam Situs E-Commerce

Saat ini di Indonesia, situs e-commerce semakin menjamur. Spesifikasi produk yang dijual pun semakin beragam. Dengan banyaknya e-commerce baru yang bermunculan, masyarakat Indonesia semakin memanfaatkan promo-promo yang diberikan. Hal ini tentunya mejadi keuntungan berbagai macam pihak, baik pengguna juga penyedia situs e-commerce.

Untuk kamu yang ingin memulai usaha di tahun 2021, mulailah mencoba untuk berbisnis di e-commere, dengan berbagai macam peluang yang ada.