Tips Membuka Warung Sembako Bagi Pemula

 

 

 

 

 

 

 

Warung sembako adalah salah satu bisnis yang tidak pernah ditinggalkan dan masih sangat diminati di Indonesia. Hal ini karena sembako adalah kebutuhan pokok sehari-hari yang perlu dipenuhi, karena itu warung sembako tidak pernah kehilangan pamornya sampai saat ini. Jadi membuka warung sembako masih jadi salah satu alternatif bisnis yang berpotensi dan menguntungkan karena kebutuhan pokok akan selalu dicari setiap harinya.

Untuk kamu yang berminat untuk membuka warung sembako, yuk ikut tips mudah dibawah ini:

 

  1. Tempat Usaha

(Image source: Catatan Harianku)

Untuk membuka warung sembako dalam skala kecil, sebenarnya bisa dilakukan di rumah sendiri dengan memanfaatkan ruangan yang bisa dipakai. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mencoba buka warung dengan menyewa ruko atau rumah lain. Jika kamu memilih untuk menyewa tempat, pastikan lokasi tempat tersebut strategis dan sehingga memudahkan kamu mendapatkan banyak pelanggan.

 

  1. Riset Pasar

(Image Source: Sukoharjo News)

Sebelum terjun membuka warung sembako, usahakan melakukan riset terlebih dahulu. Mulai cari inforasi mengenai kompetitor di sekitar lokasi usaha, potensi pembeli dan apa saja barang yang paling laku dan yang sering dicari di sekitar lokasi usahamu.

 

  1. Peralatan Usaha

(Image source: Cepatlakoo.com)

 

Dalam membuka warung sembako pastinya kamu akan perlu beberapa peralatan usaha wajib seperti etalase, kalkulator, ATK, timbangan digital atau manual, plastik, ember, toples penyimpanan dll. Pastikan kamu sudah memasukkan peralatan usaha ke dalam list prioritas saat merancang bisnis ini.

 

  1. Penataan Warung

(Image source: Tribata News)

Pastikan warung sembako kamu terlihat rapi dan bersih sehingga terlihat menjanjikan oleh calon pelangganmu. Karena kenyamanan pembeli saat berkunjung ke warungmu sangat berarti dan juga akan membuat mereka dengan mudah menemukan barang yang mereka cari.

 

  1. Daftar Produk yang Dijual

(Image source: Unsplash)

Di dalam warung pastinya ada barang yang harus dijual. Jangan lupa untuk menulis daftar produk yang ingin ditawarkan. Selain itu, kamu juga harus memperhitungkan jumlah produk yang mau dibeli dan perkiraan anggaran biaya untuk setiap produk. Pastikan untuk memasukkan produk yang sesuai dengan hasil riset yang sudah dilakukan sebelumnya untuk hasil yang maksimal.

 

  1. Tentukan Harga Sembako

(Image source: Radaperna)

Untuk harga sembako biasanya dijual dengan harga yang beragam. Untuk menentukan harga, kamu harus rajin memantau harga di pasaran sehingga tidak terjadi kerugian karena menjual dengan harga yang terlalu murah.

Ada beberapa produk sembako yang harganya stabil seperti sabun, pasta gigi. Ada juga barang yang sering naik turun seperti sembako utama yaitu beras, telur, minyak dan sebagainya.Biasanya ada beberapa produk yang harganya stabil, seperti harga sabun, pasta gigi, dan sebagainya.

 

  1. Temukan Agen dan Supplier Terpercaya

(Image source: Klik Pajak)

Agen dan supplier terpercaya juga menjadi faktor penting untuk kelangsungan warung sembakomu. Pastikan kamu mencari supplier yang mempunyai barang yang berkualitas, waktu pengiriman yang tepat, harga yang menarik, dan dekat dengan lokasi warung kamu. Selain itu kamu juga bisa menemukan supplier online yang bisa mengantarkan langsung sampai ke warung kamu.

 

Untuk kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis warung sembako pastikan sudah mempersiapkan modal yang cukup untuk memulai semuanya ya, IMOs. Kamu juga bisa menjadikan IDMARCO.COM sebagai supplier untuk warung sembakomu karena kami juga menjual produk grosir secara online seperti Indomie, Sarimi, makanan ringan, bahan masak dan sebagainya.

 

Temukan kami di Google Play Store dan App Store buat kamu yang ingin berbelanja dengan mudah dan praktis di IDMARCO.COM. Sukses selalu, IMOs!