Tips Warung Sembako Tetap Eksis di Masa Pandemi

 

 

 

 

 

 

 

 

Warung sembako kadang memang sering dianggap sebelah mata dibanding dengan bisnis lainnya. Terlebih dengan banyaknya bermunculan warung modern atau minimarket di sekitaran kita. Wajar banyak orang yang tertarik berbelanja di warung modern atau minimarket karena barang yang lebih lengkap, harga yang lebih menarik, dan beragam promosi yang menggiurkan. Dengan adanya pandemi seperti sekarang, seharusnya bisa menjadi peluang bagi warung sembako untuk terus eksis di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, dengan adanya pandemi ini bisa menjadi hambatan dan sekaligus peluang bagi warung sembako. Untuk memanfaatkan hal ini menjadi peluang, coba ikuti beberapa tips ini yuk IMOs!

Berjualan Secara Online

Masa pandemi seperti ini membuat kita harus segera beradaptasi dengan kondisi yang baru. Dengan terbatasnya ruang gerak kita di masa pandemi  ini, warung sembako bisa menjadikan ini menjadi sebuah peluang. Banyak masyarakat yang membatasi diri untuk keluar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang, kamu bisa tawarkan produk jualanmu secara online.  Kamu bisa hubungi konsumen sekitar warungmu via whatsapp  atau telfon, dan pesanan nanti akan disiapkan. Kamu juga bisa berikan promo-promo menarik untuk pelanggan yang sering berbelanja di tokomu.

Layanan Pesan Antar

Kalau sebelum pandemi, warung sembako menjadi salah satu tempat bersosialisasi antar warga, dengan hadirnya pandemi hal ini tidak mungkin dilakukan. Kamu bisa tawarkan jasa pesan antar pesanan kepada pelanggan. Kalau sebelumnya jasa antar biasanya hanya dilakukan untuk galon dan gas saja, saat ini kamu bisa tawarkan jasa ini untuk pembelian apapun.  Jadi pelanggan dapat melakukan pembelian melalui whatsapp  atau telfon, dan pesanan akan diantarkan ke rumah pelanggan dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal ini tentu akan menguntungkan pelanggan karena kebutuhan tetap terpenuhi walaupun tidak bisa keluar rumah.

Tambahkan Produk yang Banyak Dibutuhkan

Lengkapi produk yang kamu jual, mulai dari sembako, cemilan, dan kebutuhan lainnya. Kamu pasti mengetahui produk apa yang sering dicari konsumen di warungmu. Stok produk tersebut lebih banyak sehingga konsumen tidak lari ke warung lainnya karena warungmu tidak lengkap. Di tengah situasi pandemi seperti ini kamu bisa menambahkan produk-produk darurat yang dibutuhkan. Kamu bisa lengkapi produkmu dengan obat-obatan, peralatan kesehatan dan multivitamin.

Sediakan Pembayaran Digital

Dengan hadirnya pandemi ini di tengah masyarakat, memaksa kita untuk mengurangi kontak fisik dan beralih pada pembayaran digital. Untuk para kaum millennial mungkin hal ini sudah biasa dilakukan. Kamu bisa sediakan pembayaran digital melalui transfer. Atau saat ini sedang banyak digandrungi yaitu dompet digital dengan banyaknya promo yang ditawarkan. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen baru. Mendaftarkan warung sembakomu di dompet digital juga terbilang mudah sehingga tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Aktif di Media Sosial

Banyaknya waktu di rumah, menjadi salah satu faktor banyaknya waktu yang digunakan untuk bermain media sosial. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memperkenalkan warung sembakomu kepada pelanggan. Rutinlah untuk terus perbaharui produk terbarumu di media sosial. Lalu, update beberapa promosi yang kamu tawarkan melalui media sosial agar dilihat oleh pelangganmu. Kamu juga bisa melakukan promosi dengan memberikan sedikit diskon untuk pelanggan yang mengikuti media sosialmu.

 

Beberapa tips di atas tidak sulit dilakukan namun dapat membantu warung sembakomu agar tetap eksis di masa pandemi  seperti ini. Yuk mulai coba tips di atas agar warungmu tetap laris dan eksis!